Tips Cara Mengatasi Laptop Yang Lemot


Assalamualaikum Wr. Wb. Hallo teman-teman, dalam kesempatan kali ini saya akan memberikan sedikit tips mengatasi laptop lemot, tapi sebelum ke pembahasan alangkah baiknnya kita mengetahui apa itu Laptop ?

Laptop atau Komputer jinjing merupakan sebuah perangkat komputer yang bisa kita bawa kemana – mana, Pada masa sekarang ini laptop bukan lagi alat yang kita anggap barang mewah melainkan alat yang membantu dalam melakukan pekerjaan kita sehari – hari.

Laptop dalam pengoperasiannya tidak jauh beda seperti menggunakan komputer pada umumnya, karena laptop merupakan komputer jinjing yang bisa dibawa kemana – mana yang berarti tidak jauh beda, oleh karena itu penggunaanya tidak jauh beda dan juga pada saat ini apabila tidak bisa mengoperasikan laptop merupakan hal yang rugi, karena semua hal kegiatan dilakukan menggunakan komputer laptop, dimulai dari kegiatan kecil hingga ke kegiatan besar seperti membeli sebuah produk yang ada di swalayan yang kita bayar dikasir sudah menggunakan komputer dan juga dalam melakukan pendaftaran pendidikan dan juga pendaftaran cpns yang semua menggunakan komputer.

Seiring dengan berjalannya waktu laptop semakin lama semakin berkembang dan juga semakin canggih peralatan yang terdapat pada sebuah laptop tersebut, dengan semakin berkembang dan semakin canggihnya sebuah laptop tersebut juga menimbulkan permasalahan pada laptop tersebut yang membuat kita tidak nyaman dalam menggunakannya seperti yang sering dialami orang banyak yaitu laptop mengalami lemot ketika dijalankan, dengan lemot tersebut akan membuat penggunanya sangat tidak nyaman dalam menggunakannya dan juga dalam melakukan pekerjaan akan terhambat dengan masalah tersebut.

Adapun Penyebab Laptop Lemot :

  • Terlalu Banyak Install Software
  • Local Disk C Penuh
  • Tersebar Virus
  • Hardisk Bad Sector
  • RAM Kurang Optimal

Tips Mengatasi Laptop Yang  Lemot :

  • Laptop Panas

Laptop merupakan mesin yang diciptakan oleh manusia oleh karena itu laptop akan memiliki panas yang dikeluarkan dari kegiatan laptop tersebut, untuk mengatasi panas dari kegiatan tersebut kita harus menambahkan fan eksternela yang diletakkan di bawah klaptop tersebut, sebenarnya fan dari laptop tersebut atau fan internal dari laptop tersebut sudah ada akan tetapi kurang maksimal untuk mendinginkan laptop tersebut sehingga sebaiknya menambahkan fan eksternal untuk mengurangi panas yang ada pada laptop tersebut.

  • Kurangi Instal Software 

Ini sering terjadi pada kita yang sering mengisntal software yang banyak padahal software atau aplikasi tersebut tidak sering digunakan, dengan menginstal software tersebut sangat mengurangi performa dari kerja laptop tersebut yang mana dalam mengerjakan suatu pekerjaan apabila terdapat banyak software system kerja akan terbagi sehingga pekerjaan yang kita lakukan di laptop tersebut akan lambat atau lemot. Untuk mengatasi ini lakukanlah uninstallan atau menghapus software yang dirasakan kurang dibutuhkan dengan jumlah pemakain kurang.
  • Kurangi Multi Tab / Multi Tasking

Multi tab atau membuka aplikasi lebih dari satu merupakan salah satu yang membuat laptop tersebut lemot, hal ini juga sering dilakukan banyak orang bahkan mereka tidak tahu bahwa ini merupakan salah satu yang membuat laptop tersebut lemot. Apabila dalam melakukan kerjaan anda menggunakan banyak tab sebaiknya minimal kan dalam pembukaannya seperti membuka aplikasi yang dirasa penting, dan aplikasi yang tidak penting sebaiknya tidak di buka.

  • Instal Ulang Windows

Nah jika cara 1,2 dan 3 sudah dilakukan tapi masih lemot, jadi saya sarankan untuk menginstal ulang laptopnya, karena mungkin laptop tersebut sudah tersebar virus dan file-file tidak jelas yang membuat laptop tersebut lemot, dan dengan instal ulang laptop semua nya akan seperti semula dan laptop dalam keadaan bersih dan performa yang baik.


  • Tukar jenis penyimpanan Laptop

Penyimpanan laptop juga mempengaruhi performa kerja laptop dimana semua proses pekerjaan secara tidak langsung juga dip roses pada penyimpanan laptop tersebut, penyimpanan pada laptop tersebut memiliki jenis penyimpanan hardisk yang mana hardisk tersebut bekerja dalam memproses pekerjaan dalam bentuk piringan kaset oleh karena itu hardisk juga bisa membuat laptop tersebut lemot, untuk mengatasi tersebut sebaiknya menggunakan atau menukar hardisk tersebut ke jenis penyimpanan SSD dimana SSD ini memiliki pemrosesan tidak seperti hardisk yang menggunakan piringan akan tetapi sama hal seperti kartu memori, hal seperti itulah yang membuat pemrosesan cepat dan lemot.

Itulah cara mengatasi laptop lemot, apabila hal diatas terjadi kalian silahkan kalian praktekkan pada laptop kalian, dan juga hal tersebut juga bisa di lakukan pada computer yang kalian punya jika merasa performa computer kalian yang lemot. Oke jadi sekian saja tutorial yang bisa saya sampaikan kurang lebihnya mohon maaf, bantu juga share artikel ini ke media sosial kalian. TerimaKasih....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel