Sejarah singkat Revolusi Industri 1.0 sampai Industri 4.0

Assalamualikum Wr. Wb. Dalam kesempatan kali ini saya akan memberikan sedikit pengetahuan untuk kalian yaitu tentang sejarah singkat revolusi industri. Untuk mengetahui lebih dalam mengenai perkembangan ataupun kemajuan zaman, tentu kita harus mengetahui sejarahnya terlebih dahulu.

Sebelum Revolusi industri terjadi, ada zaman pra revolusi dimana semua kegiatan dilakukan oleh tangan manusia tanpa bantuan tenaga mesin atau yang disebut dengan pra industrial. Revolusi industri 1.0 terjadi  pada abad 17 sampai awal abad ke-18, terjadi perubahan industri dari tenaga manusia ke mesin akibat penemuan tenaga uap oleh para ilmuwan. 
  • Revolusi industri 1.0 

Revolusi industri 1.0 ini menandai hadirnya industri manufaktur dalam skala masif. Pabrik-pabrik yang memproduksi benda kebutuhan kita seperti sabun, motor, hingga lemari bisa ada sekarang karena adanya revolusi industri ini.
  • Revolusi industri 2.0

Revolusi ini terjadi pada pertengahan abad ke-18 dimana revolusi ini ditandai dengan pemanfaatan tenaga listrik untuk mempermudah serta mempercepat proses produksi, distribusi, dan perdagangan. 
  • Revolusi industri 3.0 

Revolusi ini disebut sebagai revolusi informasi dimana terjadi ledakan informasi digital. Berawal dari ditemukannya PLC (Programmable Logic Controller) sehingga mesin industri dapat berjalan sendiri dan menyebabkan biaya produksi makin murah. 
Revolusi ini dimulai pada tahun 1960 an hingga 2010. Personal computer, internet, smartphone menjadi penanda revolusi 3.0.
  • Revolusi industri 4.0 

Revolusi ini ditandai dengan Robot, artificial intelligence, machine learning, biotechnology, blockchain, internet of things (IoT), driverless vehicle. Para karyawan pembuat mobil akan digantikan oleh robot. supir taksi digantikan oleh driverless car, kurir JNE akan digantikan drone, Bank akan digantikan smartphone dan blockchain, lalu artificial intelligence akan membantu anda memesan makan siang via go food dan bisa juga mencarikan kamu pacar kalau jomblo.

Revolusi Industri 4.0 merupakan salah satu pelaksanaan proyek strategi teknologi modern Jerman 2020 (Germany High-Tech Strategy 2020). Strategi tersebut diimplementasikan melalui peningkatan teknologi sektor manufaktur (industri), penciptaan kerangka kebijakan strategis yang konsisten, serta penetapan prioritas tertentu dalam menghadapi kompetisi global.

Revolusi industri 4.0 telah mengubah hidup dan kerja manusia secara fundamental. Berbeda dengan revolusi industri sebelumnya, revolusi industri generasi ke-4 ini memiliki skala, ruang lingkup dan kompleksitas yang lebih luas. Kemajuan teknologi baru yang mengintegrasikan dunia fisik, digital dan biologis telah mempengaruhi semua disiplin ilmu, ekonomi, industri dan pemerintah.

Nah itulah mungkin sedikit sejarah dari Revolusi Industri yang mungkin harus kalian ketahui apalagi yang sekolah IT kalian harus tau nih awal mula perkembangan Industri ini. Oke sekian saja yang bisa sampaikan kurang lebihnya mohon maaf, jangan lupa juga bantu share artikel ini agar teman-teman kalian mengetahui yang kalian ketahui. Terima Kasih...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel