Pengertian Media Transmisi dalam Jaringan Komputer

Media Transmisi merupakan media yang menghubungkan antara pengirim dan penerima informasi, karena jarak yang auh, maka data terlebih dahulu dirubah menjadi kode dan kode inilah yang akan dimanipulasi dengan berbagai macam cara untuk diubah kembali menjadi data.

Fungsi Media Transmisi Jaringan
Media Transmisi digunakan sebagai sarana penghubung dimasing-masing perangkat sehingga perangkat-perangkat tersebut dapat saling berhubungan.

Jenis-jenis Media Transmisi Jaringan
Media Transmisi dibagi menjadi 2 jenis utama yaitu Wired atau Guided media dan Wireless atau unguided Media.

1.Media yang dituntun (Guided Media atau Wired)

Media yang dituntun ataa dalam bahasa inggris disebut dengan Guided media merupakan jenis media yang berbentuk fisik seperti, kabel berpilin(Twisted pair), kabel serat optik (Fiber Optic cable) dan kabel coaksial (Coaxial Cable). Setiap media transmisi memiiki perbedaan tersendiri seperti dalam hal kecepatan, efek suara, biaya dan penampilan fisik. Dikatakan sebagai Guided Media karena sinyall listrik atau gelombang yang dituntun transmisinya melewati media fisik.Ada juga yang menyebutnya Guided Media sebagai Wired atau Bound transmission media.

Macam-macam kabel Guided Media :
  • Kabel pasangan berpilin (Twisted Pair Cable)
Merupakan sepasang kabel tembaga yang diputar bersama-sama berbentuk spiral dan dibungkus dengan lapisan plastik. kabel ini pada dasarnya dapat dibedakan menjadi dua jenis yaitu UTP (Unshielded Twisted Pair) dan STP (Shielded Twisted Pair).
  • Kabel Koaksial (Coaxial Cable)
Merupakan dua kabel konduktor yang mana satu konduktor berada dirongga luar mengelilingi satu konduktor tunggal yang dipisangkan oleh isolator. Kabel jenis ini memiliki impedansi transmisi yang konstan serta tidak menghasilkan medan magnet sehingga cocok untuk mentransmisikan sinyal freensi tinggi.
  • Kabel Serat Optik (Fiber Optic Cable)
Merupakan saluran transmisi atau enis kabel yang terbuat dari serat kaca atau plastik halus yang dapat mentransmisikan sinyal cahaya dari satu tempat ke tempat yang lain. Sumber cahayanya dapat berupa sinar laser ataupun sinar LED.

2. Media yang tidak dituntun (Unguided Media atau Wireless)

Media dituntun atau unguided Media merupakan media yang menggunakan sistem gelombang ekeltromagnetik dalam mentransmisikan informasi dari pengirim ke penerima tanpa ada perangkat tanpa ada perangkat fisik yang menuntunnya. Unguided lebih dikenal dengan istilah Wireless yaitu media transmisi tanpa kabel.

macam-macam media Unguided :
  • Gelombang Mikro (Microwave)
adalah media transmisi yang menggunakan gelombang elektromagnetik dengan frekuensi super tinggi (Super High Frequency) yaitu frekuensi yang berada dikisaran 3Ghz hingga 30Ghz.
  • Infra Merah (Infrared)
adala media transmisi yang mengunakan radiasi elektromagnetik dari panjang gelombang yang lebih panjang dari cahaya tampak tetapi lebih pendek dari radiasi gelombang radio. Infra merah biasa di gunakan komunikasi jarak dekat seperti remote control pada televisi maupun perangkat elekronika lainnya.
  • Frekuensi Radio (Radion Frequency)
adalah media transkmisi yang menggunakan gelombang elektromagnetik dengan kisaran frekuensi diantara 3kHz hingga 300Ghz. Frekuensi Radio pada umummnya menggunakan antena untuk meyebarkan gelombang elektromagnetinya.
  • Satelit
adalah jenis media transmisi yang menggunakan satelit sebagai penerima sinyal dari stasiun bumi dan memancarnya ke stasiun bumi lainnya. Satelit pada umumnya mengorbit pada ketinggian 36.000km dari permukaan bumi. 

Nah begitulah pengertian dari Media Transmisi dan jenisnya. Terimakasih sudah berkunjung jangan lupa share artikel ini jika menurut kalian artikel ini bermanfaat. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel