Sejarah Komputer Generasi Pertama : Tabung Vakum 1945-1955

Komputer berasal dari bahasa latin yaitu Computare yang artinya menghitung, atau dalam bahasa inggris yang disebut Compute. Secara definisi komputer merupakan sekumpulan alat ellektronik yang saling bekerja sama, dapat menerima data (Input), Mengolah data (Proses) dan Mencetak Informasi (Output).

Komputer Generasi Pertama : Tabung Vakum 1945-1955.


Komputer ENIAC

ENIAC (Electronic Numerical Integrator And Computer) pada tahun 1946 dirancang dan di buat oleh John Mauchly dan Jhon Presper Eckert di Universitas Pennsylvania merupakan computer digital electronic untuk kebutuhan umum pertama di dunia. ENIAC dibuat dibawah lembaga Army's Ballistics  Research Laboratory (BRL). Sebuah badan yang bertanggung jawab dalam pembuatan jarak dan table lintasan perulu kendali senjata baru. sebelumnya tugas ini dilakukan oleh kurang lebih 200 personil dengan menggunakan kalukulator untuk menyelesaikan persamaan matematis peluru kendali yang memakan waktu lama.

ENIAC memiliki berat 30 ton yang bervolume 15.000 kaki persegi dan berisi lebih dari 18.000 tabung vakum. Daya listrik yang dibutuhkan ENIAC ini sebesar 140KW. Kecepatan operasi mencapai 5000 operasi penambahan perdetik. ENIAC masih merupakan mesin decimal, represetntasi data bilangan dalam bentuk decimal dan aritmetikanya dibuat dalam bentuk decimal. Memorinya terdiri dari 20 akumulator yang masing-masing akumulatornnya mampu menampung sekitar 10 digit decimal. setiap digit direpresentasikan oleh cincin yang terdiri dar 10 buah tabung vakum. kekurangan mesin ini adalah masih manual pemrogramannya, yaitu dengan menyetel switch-switch, mmemasang dan menanggaka kabel-kabelnya. ENIAC  selesai pada tahun 1956 sejak proposal diajukan tahun 1943, sehingga tahun 1946 merupakan gerbang bagi zaman baru computer elektronik.

Komputer EDVAC

Jhon Van Neuman seorang ahli matematika  pada tahun 1945 mencoba memperbaiki kelemahan ENIAC dengan rancangan komputer barunya, bernama EDVAC (Electronic Discrete Variable Computer) dengan konsep program tersimpan.

Komputer IAS

Tahun 1946 komputer dengan Stored Program concept dipublikasikan, yang kemudian dikenal dengan Komputer IAS (Computer of Institute for Advanced Studies).
Struktur Komputer IAS terdiri dari :

  • Memory utama , untuk menyimpan data maupun instruksi.
  • Arithmetic Logic Unit (ALU). Untuk mengolah data binner.
  • Control Unit, untu melakukan interpretasi instruksi-instruksi didalam memori sehingga adanya esekusi instrusi tersebut.
  • I/O, untuk berinteraksi dengan lingkungan luar.

Komputer Komersial

Tahun 1950 dianggap sebagai tahun kelahiran industri komputer dengan munculnya 2 buah perusahaan yang saat itu mendominasi pasar, yaitu Sperry dan IBM. Tahun 1947, Ecert dan Mauchly mendirikan Eckert-Mauchly Coputer Corporation untuk memproduksi komputer secara komersial. Produksi yang pertama adalah UNIVAC 1 (Universal Automamtic Computer). Kemudian pada tahun 1950 muncul UNIVAC II yang kapasitasnya memprinya jauh lebih besar dan kinerjanya yang lebih baik.

IBM pun tida mau kalah dengan mengeluaran produk mereka yang akhirnya mendominasi pangsa pasar bisnis saat ini. Seri IBM pertama adalah seri 701 tahun 1953 dan terus berkembang menjadi lebih baik hingga sekarang.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel