Mengenal Logika, Apa itu Logika ?



Logika (Logic) berasal dari bahasa yunani "logos". yang merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari atau berkaitan dengan prinsip-prinsip dari penalaran argumen yang valid. Logika merupakan studi tentang kriteria untuk mengevaluasi argumen-argumen dengan menentukan mana argumen yang valid dan argumen yang tidak valid, dan membedakan antara argumen yang baik dan argumen yang kurang baik.
  • Logika secara umum berhubungan dengan penalaran deduktif yang hanya secara umum penalaran mengambil kesimpulan dari premis-premisnya.
  • Penalaran Deduktif adalah suatu penalaran yang berpangkal pada suatu peristiwa umum, yang kebenarannya telah diketahui atau diyakini dan berakhir pada suatu kesimpulan atau pengetahuan baru yang bersifat lebih khusus.
  • Penalaran Induktif  yakni studi tentang pengambilan kesimpulan umum yang diperoleh dari suatu penelitian atau observasi.
  • Pengertian Premis merupakan ialah pernyataan yang digunakan sebagai dasar penarikan kesimpulan.
  • Pertanyaan adalah sebuah ekspresi keingintahuan seseorang akan sebuah informasi yang dituangkan dalam sebuah kalimat tanya.
Sejarah Logika 

Logika pertama kali dikembangkan oleh aristoteles dan disebut logika tradisional atau logika klasik sekitar 300tahun sebelum masehi. Setelah 2000 tahun kemudian dikembangkan logika modern dari yang sebelumnya logika klasik oleh George boole dan Augustus de morgan sekitar aba XIX. Logika tersebut juga disebut sebagai logika simbolik.

Macam-macam Logika
Pada dasarnya logika terbagi menjadi 2 yaitu logika alamiah dan logika ilmiah.

1.Logika alamiah ini merupakan kesatuan sistem kerja pada komponen jiwa manusia yaitu akal. Contoh : Seseorang anak tidak boleh membantah orang tuanya pada hal kebaikan.

2. Logika Ilmiah merupakan suatu pemikiran yang menyangkut akan perumusan prinsip-prinsip tertentu dalam konteks pengetahuan. Contoh : Api merupakan sesuatu hal yang panas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel