6 Elemen Desain Grafis Berdasarkan Bentuk dan Sifatnya

Dalam sebuah karya desain grafis, ada beberapa elemen dasar yang mendukung terciptanya sebuah karya, bukan hanya sekedar menarik secara estetika tapi juga berhasil menyampaikan pesan dan informasi lebih efektif kepada audiens.

Penting bagi seorang desain grafis untuk mempelajari beberapa elemen-elemen dasar agar desain yang dihasilkan menarik perhatian dan mudah dipahami.

Elemen-elemen Desain Grafis berdasarkan bentuk dan sifatnya antara lain :

1.Titik

Titik merupakan unsur rupa yang secara konsep tidak tampak, misalnya terdapat pada pertemuan dua garis. ciri umum dari sebuah titik yaitu tidak memiliki panjang dan lebar, tidak mengambil ruang yang besar, berukuran kecil dan memiliki raut yang sederhana.

Fungsi titik adalah menjadi fokus dari suatu tampilan visual, dan dapat menarik perhatian pengamat terkait informasi yang ingin disampaikan dalam sebuah karya.

2. Garis

Garis merupakan perluasan dari titik. Yaitu, garis adalah bagian dari jalur yang dibuat oleh gerakan dari titik yang dicatat secara grafis. sebauh garis mampu membimbing mata bergerak dari satu bagian ke bagian yang lainnya.

Sebuah garis sederhanan mampu menggambarkan suatu arah dan membagi ruang serta mendeskripsikan sebuah objek lewat kerangka yang terbentuk dari garis. Ciri garis sendiri adalah memiliki panjang namun tanpa lebar.

Beberapa bentuk dari garis :
Garis lurus : bisa berupa garis vertical, horizontal, diagonal, patah-patah ataupun tidak beraturan.
Garis lengkung : berupa garis lengkung teratur dan tak beraturan.
Garis kombinasi : merupakan gabungan antara garis lurus dan garis lengkung.

3. Bidang

Bidang adalah suatu bentuk pipih tanpa ketebalan, mempunyai dimensi luas, panjang dan lebar, juga mempunyai kedudukan, arah dan dibatasi dengan garis. Bidang ini bersifat dua dimensi, umumnya desain grafis bekerja pada bidang ini.

4. Bentuk (Shape)

Bentuk adalah segala hal yang memiliki diameter tinggi dan lebar yang dihasilkan dari garis yang tersusun sedemikian rupa. Bentuk dibagi menjadi bentuk dua dimensi dan tiga dimensi masing-masing bentuk mempunyai arti tersendiri.

5. Tekstur

Tekstur adalah tampilan permukaan atau corak dari suatu benda yang dapat dinilai dengan cara dilihat yangg pada prakteknya, tekstur sering dikategorikan sebagai corak dari suatu permukaan benda seperti permukaan kayu, karpet, kulit dan lainnya.

6. Warna

Warna merupakan unsur penting dalam objek desain karena dengan warna sebuah desain bisa menampilkan identitas, menyampakan pesan atau membedakan sifat dan bentuk-bentuk visual secara jelas

Warna dibedakan menjadi 2 yaitu :
Warna Primer : Merah, Kuning, Biru.
Warna Sekunder : Hijau = Kuning + Biru
                             Orange = Merah + Kuning
                             Ungu = Biru + Kuning

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel